Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data Terbaru 2022 (Mudah)

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data Terbaru 2022 (Mudah)

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data – Banyak orang memilih jalan pintas dalam mengajukan pinjaman uang ketika ada kebutuhan yang mendesak. Biasanya, orang lebih memilih untuk meminjam secara online daripada meminjam ke saudara atau ke teman.

Yup, pinjaman online memang semakin menjamur di Indonesia. Banyak sekali aplikasi yang menawarkan pinjaman secara online yang tersedia di Internet baik playstore ataupun appstore. Namun, tahukah kamu kalau ternyata dari banyak nya aplikasi pinjaman online, ada yang ilegal dan ada juga yang legal. Banyak juga yang menawarkan pinjaman online via web langsung cair dan tentu ada yang legal dan ilegal.

Untuk orang awam tentu agak susah membedakan pinjaman online mana yang legal dan ilegal. Cukup beruntung apabila anda memilih pinjaman online yang legal yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Namun, akan berakibat fatal apabila anda memilih pinjaman online yang statusnya masih ilegal atau belum terdaftar di OJK.

Salah satu kerugian atau akibat meminjam di pinjol ilegal adalah anda harus membayar bunga yang sangat tinggi dengan jangka waktu yang sangat singkat. Dan resiko ketika telat atau tidak membayar adalah sebar data.

Sebagai informasi, sudah banyak sekali konsumen atau nasabah pinjol yang mengadukan ke OJK kalau data mereka disalahgunakan oleh pihak pinjol ilegal. Pihak DC pinjol sengajar menyebarkan data pribadi nasabah yang tidak membayar hutangnya. Lalu bagaimana sih cara agar pinjol tidak sebar data? Dan apa tips nya agar tidak terjebak pinjaman online ilegal?

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data

Sebar data menjadi hal yang paling menakutkan bagi para nasabah pinjaman online. Kita tahu kalau data pribadi itu sangat penting, apalagi di zaman media sosial seperti saat ini apabila data pribadi disebarkan dan disalahgunakan bisa berakibat sangat fatal.

Baca Juga : Cara Pinjol Agar Tidak Menghubungi Kontak

Untuk kalian yang sudah pernah mengajukan pinjaman online terutama yang ilegal, pasti pernah mendapatkan ancaman kalau data pribadi nya akan disebarkan apabila telat dalam membayar pinjaman. Untuk menghindari penyebaran data pribadi, berikut admin sampaikan beberapa cara agar pinjol tidak sebar data.

– Tidak Telat Dalam Membayar Pinjaman

Salah satu alasan kenapa pihak pinjol menyebarkan data pribadi adalah karena anda telat atau tidak membayar pinjaman. Biasanya, pihak dari pinjol akan memberikan waktu 1-3 hari setelah jatuh tempo agar anda bisa mencari uang untuk melakukan pembayaran.

Apabila dalam waktu tersebut tidak terjadi adanya pembayaran pinjaman, maka pihak Debt collector akan mengancam untuk menyebarkan data pribadi. Jadi, harap membayar pinjaman anda sebelum jatuh tempo atau paling telat pas jatuh tempo pembayaran.

– Pilih Pinjol Yang Legal

Cara agar pinjol tidak sebar data yang kedaua adalah dengan memilih pinjaman online yang resmi. Untuk sekedar informasi, penyebaran data pribadi itu termasuk perbuatan yang melanggar hukum loh teman. Nah, biasanya yang berani melakukan hal tersebut adalah pinjol-pinjol yang ilegal atau tidak terdaftar di OJK.

Baca Juga : Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah

Sedangkan kalau pinjol yang legal, mereka memiliki SOP penagihan yang baik dan sopan dan tidak akan menyebarkan data pribadi anda meskipun anda telat membayar tagihan. Jadi, pilihlah pinjol legal yang sudah resmi terdaftar di OJK. Untuk sekedar tips, jangan tertipu pada aplikasi pinjol yang ada logo OJK nya. Tetap cek website resmi dari OJK untuk update daftar pinjol yang sudah legal di Indonesia.

Tips Ketika Data Pribadi Anda di Sebar

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, sebar data pribadi itu perbuatan yang melawan hukum dan perbuatan ilegal. Nah, untuk anda yang sudah terlanjut data pribadi anda disebarkan oleh aplikasi pinjol ilegal, berikut beberapa tips yang harus dilakukan.

– Hubungi Pihak Penagih

Apabila sudah ada ancaman data pribadi anda akan disebarkan, silahkan anda komunikasikan dengan penagih hutang atau debt collector. Sampaikan kalau perbuatan tersebut sudah melanggar hukum dan akan dilaporkan ke pihak berwajib kalau data pribadi anda disebar. Biasanya, pihak DC akan takut dan memilih untuk tidak menyebarkan data pribadi anda.

– Laporkan ke OJK

Melaporkan ke OJK adalah solusi terbaik ketika data pribadi anda disebarkan oleh pinjol ilegal. Biasanya, pihak OJK akan menulusuri pinjol ilegal tersebut dan akan diteruskan ke pihak berwajib. Untuk melakukan pelaporan ke OJK, anda dapat mengirimkan email ke humas@ojk.co.id atau bisa juga menghubungi via WA di nomor 081-157-157-157

Kesimpulan

Ketika anda sudah terlanjur melakukan pengajuan pinjaman ke pinjol ilegal bisa berakibat buruk bagi hidup anda. Disamping anda harus membayar bunga yang besar, banyak reskiko yang harus anda hadapi juga salah satunya adalah resiko disebarnya data pribadi anda. Semoga dengan pembahasan cara agar pinjol tidak sebar data diatas bisa bermanfaat dan anda terhindar dari kejamnya pinjol ilegal.


Leave a Reply

Your email address will not be published.