Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah

gambar pinjaman bank bri jaminan sertifikat rumah

Bank BRI mempunyai produk pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah. Bagaimana cara mengajukan pinjaman bank BRI jaminan sertifikat rumah? tentu saja caranya cukup mudah. Kamu bisa hubungi pihak BRI untuk mengajukan pinjaman kemudian siapkan sertifikat rumah yang akan dijadikan agunan.

Nilai plafon pinjamannya akan ditentukan dari hasil penilaian appraisal sertifikat rumah kamu. Pilihan produk pinjaman bank BRI jaminan sertifikat rumah tersedia dengan bermacam-macam fitur yang berbeda. Kamu dapat memilih produk pinjam sesuai kebutuhan.

Jenis Produk Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah

Berikut ini beberapa jenis produk pinjaman bank BRI dengan jaminan sertifikat rumah yang dapat kamu pilih:

1. BRI Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Jenis produk pinjaman BRI yang pertama yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pinjaman ini merupakan kredit yang diberikan oleh pemerintah melalui Bank BRI. Pinjaman KUR tidak mengharuskan adanya jaminan, tetapi saat kamu membutuhkan plafon pinjam yang besar maka mengharuskan adanya jaminan.

Pinjaman KUR lebih ditujukan kepada masyarakat yang ingin menjalankan usaha kecil dan usaha mikro dengan bisnis yang sifatnya produktif.

Keunggulan pinjaman Bank BRI KUR, yaitu:

  • Mempunyai bunga yang rendah karena mendapatkan subsidi dari pemerintah.
  • Cocok untuk pebisnis yang sedang merintis usaha mikro, minimal usahanya sudah berjalan 6 bulan.

2. BRI Kupedes

BRI Kupedes yaitu produk pinjam yang memberikan jaminan dengan agunan sertifikat rumah. Produk pinjaman ini dapat membantu sektor mikro untuk memunuhi kebutuhan investasi, kebutuhan konsumtif, dan modal kebutuhan usaha yang sudah memenuhi persyaratan.

Keungggulan dari produk pinjaman Kupedes BRI, yaitu:

  • Pinjaman berlaku tidak hanya untuk modal usaha.
  • Beban bunga yang diberikan kepada nasabah relatif ringan.

3. BRI UMKM

BRI UMKM merupakaan kredit dengan jaminan rumah yang dikhususkan untuk usaha kecil dan menengah. Contohnya, seperti kredit modal usaha, kredit investasi, dan kredit mitra atau Supply Chain Financing.

Keunggulan produk pinjam BRI UMKM, yaitu:

  • Biaya dan suku bunga kredit rendah.
  • Cocok untuk kamu yang baru akan menjalankan usaha.

Syarat Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah

Untuk mengajukan pinjaman di Bank BRI dengan jaminan sertifikat rumah  maka kamu harus memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini:

  • WNI, berusia minimal 18 tahun bagi yang sudah berkeluarga. Jika belum berkeluarga maka usia minimal 21 tahun.
  • Mempunyai pengalaman usaha atau kerja, minimal 1 tahun.
  • Melampirkan persyaratan dokumen berupa KTP/SIM.
  • Mempunyai jaminan sertifikat rumah.

Cara Mengajukan Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah

Kamu dapat mengajukan pinjaman bank BRI jaminan sertifikat rumah gambar pinjaman bank bri jaminan sertifikat rumah e1662185118364melalui beberapa langkah dan tahapan di bawah ini:

1. Berkonsultasi ke Bank BRI

Langkah pertama untuk mengajukan pinjaman di Bank BRI yaitu silahkan kamu berkonsultasi terlebih dahulu ke kantor cabang terdekat. Atau kamu juga dapat menghubung sales marketing BRI yang biasanya mencantumkan nomor telepon di brosur pinjaman.

2. Menyiapkan Dokumen Pendukung

Berikutnya, setelah kamu berkonsultasi dengan pihak BRI maka siapkan beberapa dokumen pendukung yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman.

Beberapa jenis dokumen yang dibutuhkan, yaitu:

  • Kartu Identitas Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK)
  • Slip gaji atau surat keterangan gaji.
  • Surat keterangan usaha dari RT dan RW.
  • Mutasi Rekening.
  • Sertifikat rumah (asli dan fotocopy).

3. Survey Tempat

Apabila dokumen pengajuannya sudah lengkap, maka kamu dapat menyerahkan berkasnya ke kantor cabang BRI. Setelah itu, Surveyor pihak BRI akan melakukan analisa dengan data dan dokumen yang telah dikumpulkan.

Biasanya, untuk lebih meyakinkan pihak BRI atas kesanggupan dalam membayarkan pinjaman maka Surveyor akan datang ke rumah untuk melakukan survey.

Tujuannya yaitu mengecek skala usaha yang sedang dijalankan dan sudah berjalan berapa lama usaha tersebut dijalankan.

Selain itu, seorang Surveyor juga memastikan bahwa si calon nasabah memang benar-benar bertempat tinggal sesuai dengan yang tercantum di data.

4. Keputusan Hasil Kredit

Jika, pihak BRI sudah melakukan survey maka analis kredit akan memberikan keputusan apakah pengajuan pinjaman kamu di ACC atau tidak, jumlah plafon kredit dan jangka waktu pembayaran, dan adanya tambahan agunan atau tidak.

Pihak BRI akan menghubungi calon nasabah apabila pinjamannya di ACC untuk datang ke kantor cabang BRI kemudian melakukan tanda tangan dokumen sebagai bentuk persetujuan pinjaman dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Produk pinjaman bank BRI jaminan sertifikat rumah memang cukup banyak. Kamu dapat memilih salah satu produknya yang mempunyai plafon dan tenor pinjaman sesuai dengan yang dibutuhkan.

Pinjaman dengan agunan sertifikat rumah biasanya mempunyai skor kredit yang tinggi, bahkan tingkat keberhasilan pengajuan kreditnya 100%. Jadi, menggadaikan sertifikat rumah di BRI menjadi solusi tepat untuk kamu yang ingin memulai usaha, meningkatkan usaha, investasi atau kebutuhan konsumtif yang lainnya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.