Pengalaman & Cara Pinjam Dana di Tunaikita (Review)

gambar aplikasi Tunaikita

Fintech Tunaikita memberikan pinjaman dana tunai langsung cair yang berkategori P2P terdaftar resmi di OJK. Pengalaman & cara pinjam dana di TunaiKita menuai review positif dengan kemudahan syarat pengajuan dan proses pencairannya yang sangat cepat.

Kamu sedang membutuhkan dana darurat? pengajuan pinjaman di Tunaikita dapat menjadi solusi yang tepat untuk kamu.

Pinjaman Online TunaiKita

TunaiKita merupakan pinjaman online di bawah naungan PT. Digital Tunai Kita yang sudah mendapatkan izin dan pengawasan resmi dari OJK dengan kategori lembaga keuangan Peer To Peer. Lembaga keuangan ini sudah beroperasi sejak bulan Januari 2017.

Lembaga pinjol TunaiKita mempunyai beberapa fitur untuk nasabahnya, yaitu:

1. Pinjaman Jangka Pendek

Plafon pinjam berjangka pendek yaitu Rp. 500.000,00 sampai dengan Rp. 5.000.000,00. Sedangkan, tenor pinjaman berjangka pendek diberikan jangka waktu 10 sampai dengan 30 hari.

2. Pinjaman Jangka Panjang

Berikutnya, plafon pinjaman berjangka panjang Tunaikita yaitu dana tunai Rp. 4.000.000,00 sampai dengan Rp. 20.000.000,00 dengan tenor berjangka waktu 3 sampai dengan 6 bulan.

Syarat Pengajuan Pinjaman di TunaiKita

Sebelum mengajukan pinjaman berupa dana tunai maka kamu harus mengetahui beberapa syaratnya, berikut informasinya:

  • WNI berusia minimal 21 tahun, maksimal berusia 55 tahun.
  • Mempunyai E-KTP aktif.
  • Mempunyai nomer rekening dengan atas nama sendiri.
  • Bertempat tinggal di area pinjaman TunaiKita. (Area pinjaman hampir seluruh provinsi di Indonesia).

Cara Pinjam Dana Tunai di TunaiKita

Untuk mengajukan pinjaman dana tunai di TunaiKita maka kamu dapat melakukan beberapa langkah-langkah di bawah ini:

1. Unduh Aplikasi TunaiKita

Untuk mengajukan pinjaman di TunaiKita maka kamu harus menginstall aplikasi di Google PlayStore. Jika sudah berhasil menginstallnya maka buka aplikasinya kemudian akan muncul simulasi kalkulator pinjaman.

Tampilannya berupa plafon dan tenor kredit pinjaman dana tunai. Silahkan, kamu klik menu “Menu Pengajuan” untuk memulai proses pendaftarannya.

2. Menyelesaikan Proses Pendaftaran

Sebagai nasabah baru, tentu saja kamu perlu menyelesaikan proses pendaftaran dengan mengisi nomer ponsel kemudian buat password.

Jika kamu sudah pernah melakukan pendaftaran maka bisa langsung klik Login sehingga kamu bisa langsung menginput nomor ponsel dan password. Jika lupa passwordnya maka kamu bisa langsung klik menu “Lupa Password”.

Apabila kamu sudah berhasil Login maka akan muncul pemberitahuan bahwa Platform TunaiKita akan mengakses informasi lokasi, data kontak, dan data lainnya yang dibutuhkan dalam proses untuk kebutuhan pengajuan.

Jika, kamu sudah berhasil melakukan proses pemberian izin akses ponsel maka pihak TunaiKita akan mengirimkan SMS berupa kode verifikasi.

Setelah itu, calon peminjam akan diminta untuk membuat PIN yang diperlukan dalam proses pengajuan pinjaman.

3. Mengisi Data Pribadi Peminjam

Selanjutnya dalam proses pengajuan pinjaman di TunaiKita maka kamu harus mengisi data pribadi berupa nama lengkap, alamat, jenis kelamin, pekerjaan, status pendidikan, penghasilan, kontak darurat, dan data diri lainnya.

Semakin lengkap data diri yang kamu cantumkan maka akan semakin besar nominal plafon yang dapat kamu peroleh.

4. Memilih Plafon dan Tenor Pinjaman

Dari pengalaman meminjam di Tunaiku plafon pinjaman yang tersedia yaitu Rp. 500.000,00 sampai dengan Rp. 20.000.000,00.

5. MengKoneksian Akun ke E-Commerce dan M-Banking

Setelah mengisi data pribadi maka kamu disarankan untuk mengkoneksikan akun di TunaiKita ke E-commerce dan M-Banking. Beberapa platform e-commerce yang bisa kamu tautkan yaitu Facebook, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, dan LinkedIn.

Semakin lengkap akun e-commerce yang kamu tautkan maka akan semakin besar tingkat keberhasilan pinjaman kamu diACC.

6. Akses Foto dan Media di Aplikasi TunaiKita

Agar pinjaman kamu diACC maka disarankankan untuk mensetujui pemberian akses foto dan media sehingga kamu dapat mengambil fotod an video.

Tak hanya itu, pemberian akses media dan foto kepada aplikasi TunaiKita juga akan memberikan kesempatan kepada TunaiKita untuk mengakses semua foto, media, dan file yang tersimpan di ponsel.

5. Mengunggah KTP

Selanjutnya, kamu juga diminta untuk mengunggah dokumen KTP menggunakan kamera ponsel secara langsung. Jika, pengambilan foto KTPnya sudah berhasil maka akan ditandai dengan adanya gambar centang hijau.

6. Verifikasi Video

Saat mengajukan pinjaman di TunaiKita, kamu juga harus melakukan verifikasi video, caranya kamu harus mengaktifkan media video di ponsel. Silahkan, ikuti beberpa petunjuk pose yang harus kamu lakukan.

7. Pencairan Pinjaman

Jika, kamu sudah selesai melakukan beberapa tahapan sebelumnya sampai verifikasi video maka kamu tinggal menunggu notifikasi pinjaman di ACC. Dalam waktu 1x 24 jam pihak TunaiKita akan memberikan pemberitahuan bahwa pinjaman sudah disetujui atau ditolak.

Sebelum pengiriman dana tunai ke rekening maka pihak Tunaikita akan mencoba menghubungi peminjam untuk melakukan konfirmasi.

Setelah itu, hanya dalam waktu 15 menit saja dana tunai akan langsung cair ke rekening yang sudah kamu cantumkan.

Gagal Bayar di TunaiKita

Apabila kamu mengalami gagal bayar di TunaiKita maka resikonya dikenakan denda sesuai dengan suku bunga yang berlaku. Sebelum, waktu jatuh tempo pembayaran biasanya pihak TunaiKita akan mengingatkan pembayaran.

Jika, pihak peminjam tidak memberikan konfirmasi pembayaran maka TunaiKita akan mencoba menghubungi kontak darurat yang sudah dicantumkan.

Tidak hanya itu, pihak TunaiKita juga dapat mengakses semua kontak dan file yang ada di ponsel. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membayarnya tepat waktu.

TunaiKita Sebar Data

Menurut review pengalaman dan cara pengajuan dana tunai di TunaiKita memang mudah, tetap adanya fitur akses data ponsel oleh TunaiKita juga membuat calon peminjam menjadi merasa khawatir mengenai data dan file dalam ponsel disebarluaskan ke pihak yang tidak bertanggungjawab.

Tetapi, sebagai fintech online resmi berizin OJK tentu saja pihak TunaiKita tidak melakukan sebar data ke pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.