Pengalaman & Cara Pinjam Dana di Pinjam Yuk (Review)

Aplikasi pinjol Pinjam Yuk memberikan pinjaman berupa uang tunai yang cepat cair hanya dengan menggunakan KTP. Menurut beberapa pengalaman & cara pinjam dana di Pinjam Yuk prosesnya mudah dan cepat. Tetapi, sebagai calon peminjam, kamu tetap perlu untuk memperhatikan bunga kredit yang diberikan.

Pinjam Yuk mempunyai jangka waktu pembayaran yang dapat disesuaikan dengan kemampuan si peminjam. Biasanya, jumlah bunga dipengaruhi dari masa waktu pembayaran. Dengan begitu, peminjam dapat menentukan jumlah minimal kredit dengan masa tenor sesuai kemampuan.

Pinjaman Online Pinjam Yuk

gambar pinjam yuk

Pinjam Yuk merupakan aplikasi Fintech P2P Lending yang sudah mendapatkan izin dari OJK dengan nomor KEP-2/D.05/2021. Untuk mengajukan pinjaman di aplikasi Pinjam Yuk kamu harus menginstallnya di Google Play Store atau Apple Store.

Untuk melakukan peminjaman maka calon pinjam harus melakukan registrasi kemudian mengisi data diri. Selain itu, siapkan juga dokumen pendukung seperti KTP dan nomor rekening bank dengan atas nama peminjam.

Secara umum, pengalaman & cara pinjam dana di Pinjam Yuk yaitu:

  • Unduh Aplikasi Pinjam Yuk.
  • Mengisi formulir pinjaman.
  • Proses analisa dan persetujuan.
  • Uang tunai ditransfer ke rekening.

Syarat untuk melakukan pengajuan dana di Pinjam Yuk yaitu:

  • WNI berusia 21 sampai 50 tahun.
  • Mempunyai penghasilan tetap.
  • Mempunyai e-KTP masih aktif.
  • NPWP.
  • Mempunyai buku tabungan atas nama pribadi.

Alamat Kantor Pinjam Yuk

Aplikasi Pinjam Yuk di bawah PT. Kuaikuai Tech Indonesia, yang berlokasi di Jalan H. R. Rasuna Said, RT.5/RW.1, Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Fitur Pinjaman dan Tenor di Aplikasi Pinjam Yuk

Pengalaman & cara pinjam dana di Pinjam Yuk menyediakan pinjaman dengan jumlah tenor yang pendek, bahkan jumlah pinjaman juga harus dilunasi sekaligus di akhir pinjaman berupa pokok pinjam dan bunga.

Fitur Pinjaman di aplikasi Pinjam Yuk, yaitu:

  • Jumlah Plafon mulai dari Rp. 200.000,00 sampai dengan Rp. 2.000.000,00.
  • Tenor pinjaman maksimal dalam waktu 30 hari.

Tetapi, tenor dan plafon dapat berubah-ubah sesuai dengan hasil credit score calon peminjam pinjol Pinjam Yuk. Hasil kredit skor dapat diketahui dari hasil calon peminjam saat mengisi data di awal yang menunjukan profil si calon peminjam. Setelah itu, akan muncul jumlah plafon dan tenor yang dapat calon peminjam ambil.

Coverage Area Pinjam Yuk

Untuk area jangkau pinjol Pinjam Yuk yaitu hampir seluruh daerah yang ada di Indonesia. Calon peminjam dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu di aplikasi. Jika, daerah tempat tinggal kamu sudah tertera maka kamu dapat melakukan pengajuan pinjaman.

Biaya dan Bunga di Pinjaman Yuk

Bunga di aplikasi Pinjaman Yuk yaitu 0.8% setiap harinya. Informasi mengenai tingkat bunga yang diberikan sudah tertera di dokumen Perjanjian Pinjam Meminjam yang biasanya muncul saat kredit sudah disetujui.

Berikut ini simulasi biaya dan bunga di Pinjam Yuk

Jumlah Pinjaman Cair                 : Rp. 200.000,00.

Tenor Pengembalian  (61 hari)  : Rp. 297.000,00.

Pinjam Yuk tidak memberikan pinjaman dalam bentuk cicilan, tetapi pembayarannya memang harus dikembalikan sekaligus di akhir tempo.

Biasanya, pengalaman & cara pinjam dana di Pinjam Yuk akan berhasil atau di ACC dilakukan apabila data pribadi dan data di rekening bank sama. Meski, calon peminjam sudah mempunyai skor kredit yang lolos, tetapi data di rekening tidak sesuai dengan aplikasi maka fintech Pinjam Yuk biasanya tidak mensetujui pengajuan pinjaman.

Cara Pinjam Dana di Pinjam Yuk

Berikut ini beberapa langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk meminjam dana di Pinjam Yuk.

Mengisi Nomor Ponsel Aktif

Langkah pertama untuk meminjam dana di Pinjam Yuk yaitu menginstall aplikasinya di Play Store. Setelah itu, mengisi nomor ponsel yang sudah aktif. Jika sudah maka pihak Pinjam Yuk akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor ponsel calon peminjam.

Setelah itu, aplikasi Pinjam Yuk akan menampilkan perjanjian serta syarat dan ketentuan yang diberikan kepada calon peminjam. Salah satunya, izin untuk penggunaan data yang harus disetujui agar dapat melanjutkan ke proses berikutnya.

Menampilkan Informasi Plafon & Tenor

Setelah selesai melakukan pembukaan akun dan melakukan verifikasi. Aplikasi akan menampilkan informasi berupa tenor dan platform yang dapat diambil oleh calon peminjam.

Oleh karena itu, calon peminjam disarankan untuk mengisi data dengan lengkap sehingga sistem credit scoring Artificial Intelligence akan mengolah data kamu. Setelah itu, pihak Pinjam Yuk dapat menentukan seberapa besar jumlah plafon yang dapat diambil kemudian menentukan berapa jangka waktu tenor yang dapat diajukan.

Mengisi Informasi Data Pribadi

Berikutnya, pengalaman & cara pinjam dana di Pinjam Yuk yaitu calon peminjam harus melakukan tahapan untuk mengajukan pinjaman di Pinjam Yuk yaitu mengisi informasi data pribadi. Data yang harus diisi berupa data tentang nama peminjam, alamat, status pernikahan, nomor ponsel, nomor kontak darurat, status tempat tinggal, dan alasan meminjam.

Disarankan untuk mengisi semua kolom agar proses pengajuan yang kamu ajukan dapat dilanjutkan ke tahapan berikutnya.

Mengisi Informasi Pekerjaan

Langkah berikutnya yaitu mengisi informasi pekerjaan serta jumlah penghasilan setiap bulan. Pada bagian ini, kamu harus mengisi sesuai dengan real. Mengapa? berdasarkan info tersebut, pihak Fintech dapat memberikan penilaian seberapa besar kemampuan calon peminjam untuk mengembalikan jumlah nominal pinjamannya.

Data informasi pekerjaan yang harus diisi yaitu:

  • Jumlah penghasilan setiap bulan.
  • Lama masa kerja.
  • Nama perusahaan.
  • Alamat perusahaan.
  • Tanggal Penerimaan Gaji.
  • Nomor Telepon Perusahaan.

Mencantumkan Kontak Darurat

Berikutnya, kamu harus mencantumkan kontak darurat , minimal dua kontak yang harus dituliskan. Untuk setiap kontak, kamu harus mengisi hubungan dengan pemilik kontak tersebut. Contohnya, hubungan teman, orang tua, saudara, dan lainnya.

Mengisi Nomor Rekening Bank

Menurut pengalaman & cara pinjam dana di Pinjam Yuk, dalam melakukan pengajuan kamu juga harus mengisi nomor rekening bank. Disarankan untuk mengisi rekening dengan atas nama yang sama dengan nama diri saat pengajuan. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi penyalahgunaan.

Jadi, aplikasi Pinjam Yuk sudah otomatis menjadikan nama pengajuan sesuai KTP sebagai nama di rekening bank. Jika, kamu mempunyai rekening bank bukan atas nama diri pribadi maka keberhasilan pengajuan pinjamannya akan sulit di ACC oleh aplikasi Pinjam Yuk.

Upload Dokumen KTP dan Foto Selfie

Untuk melanjutkan proses pengajuan pinjaman di pinjol Pinjam Yuk, kamu diharuskan untuk mengunggah dokumen KTP dan foto selfie. Oleh karena itu, kamu harus memberikan akses kepada Pinjam Yuk untuk membaca kamera dan video.

Upload foto dokumen KTP dilakukan secara langsung melalui kamera aplikasi. Saat mengambil foto dokumen KTP pastikan NIK terlihat dengan jelas.

Kemudian, lakukan pula mengupload foto selfie dengan memegang dokumen KTP secara langsung menggunakan kamera ponsel.

Upload foto dokumen tersebut tidak dapat diambil dari file ponsel sehingga harus diambil secara langsung melalui  kamera hp.

Saat mengambil foto tersebut, tidak diperbolehkan menggunakan atribut seperti topi dan kacamata. Disarankan pula untuk mengambil foto di dalam ruangan yang mempunyai cahaya terang dengan posisi lurus.

Mengupload Slip Gaji

Tahapan berikutnya, untuk mengajukan pinjaman di pinjol Pinjam Yuk yaitu mengupload Slip Gaji. Jika, kamu tidak mempunyai slip gaji maka akan kesulitan untuk di ACC.

Nah, foto slip gaji juga diwajibkan untuk mengambil dari kamera ponsel, tidak menguploadnya dari file.

Rekomendasi Jumlah Plafon dan Tenor

Ketika semua data sudah diinput maka sistem scoring Pinjam Yuk maka akan mengolah kemudian memunculkan rekomendasi jumlah tenor dan plafon yang dapat kamu ambil.

Mengajukan pinjaman membutuhkan waktu maksimal 1×24 jam, apabila lebih dari waktu tersebut maka kamu dapat menghubungi tim pelayanan pelanggan ke email cs@pinjamyuk.co.id, menghubungi CS ke nomor 08041681900, cs@Pinjam Yuk.id atau melakukan pelaporan di aplikasi.

Untuk keputusan kredit finalnya yaitu reject atau approve. Jika, kamu pengajuannya ditolak maka pengajuannya dapat dilakukan kembali di hari berikutnya.

Melakukan Tanda Tangan Elektronik

Jika pengajuan pinjaman kamu sudah disetujui maka di tahap ini, kamu dapat mengambil pinjaman sesuai dengan plafon yang ditawarkan. Caranya, kamu dapat mengklik pilihan ‘pinjam segera’.

Setelah itu, lakukan tanda tangan elektronik dari Perjanjian Pinjam Meminjam. Fitur ini merupakan salah satu proses yang sudah disetujui oleh OJK sehingga peminjam dapat mensetujui segala bentuk perjanjian dengan cara online, tidak membutuhkan tanda tangan basah.

Pengalaman & cara pinjam dana di Pinjam Yuk untuk Tanda Tangan Elektronik di Pinjam Yuk, yaitu:

  • Mengisi email yang berisi bersedia tanda tangan elektronik.
  • Melakukan aktivasi akun digital signature di email.
  • Lakukan konfirmasi kode OTP di HP.
  • Jika akun digital signature sudah aktif, pihak Pinjam Yuk akan mengirimkan syarat perjanjian untuk pinjaman.
  • Baca terlebih dahulu perjanjian pinjamannya.
  • Lakukan tanda tangan dokumen secara elektronik.

Pencairan Pinjaman

Pengalaman & cara pinjam dana di Pinjam Yuk untuk roses pencairan pinjaman dapat dilakukan setelah proses tanda tangan elektronik selesai dilakukan. Waktu pencairan dilakukan dalam kurun waktu 24 jam.

Metode Pembayaran Pinjam Yuk

Pengalaman & cara pinjam dana di Pinjam Yuk, untuk metode pembayaran Pinjam Yuk dapat dilakukan melalui Alfamart dan transfer bank. Untuk pembayaran lewat transfer bank maka harus menggunakan VA dari beberapa bank yang sudah terhubung dengan aplikasi. Sedangkan, pembayaran di Alfa dapat dilakukan dengan membayar ke konter kasir.

Biasanya, Pinjam Yuk akan mengingat pembayaran pelunasan dengan cara mengirimkan SMS ke nomor ponsel, sebelum satu hari jatuh tempo.

Denda Keterlambatan Pinjam Yuk

Pinjam Yuk menerapkan denda keterlambatan pembayaran cukup tinggi.

Dari beberapa review pelanggan menunjukkan bahwa denda keterlambatan pembayaran Pinjam Yuk menunjukan jumlah yang cukup tinggi, yaitu:

  • Terlambat 1 hari dan 2 hari             : Rp. 40.000,00 + 2% X Jumlah Pokok Pinjaman.
  • Terlambat 3 Hari dan Selanjutnya  : 2% X Pokok Pinjaman.

Meski jumlah dendanya tinggi, tetapi jumlahnya masih di bawah maksimum sesuai dengan aturan OJK yaitu tidak melebihi dari 100% pokok pinjaman.

Apakah DL Pinjam Yuk Datang Ke Rumah?

Menurut beberapa review, DL Pinjam Yuk akan datang ke rumah nasabah apabila sudah menunggak pembayaran pinjaman dalam waktu lama, tanpa konfirmasi. Jadi, ketika kamu belum punya uang untuk membayar pinjaman. Sebaiknya, lakukan konfirmasi saat dihubungi oleh DL.

Sebelum datang ke rumah, biasanya Debt Collector Pinjam Yuk akan mengirimkan pesan Whatsapp atau menghubungi via telephone celluler untuk mengingatkan pembayaran.

Secara umum, pengalaman & cara pinjam dana di Pinjam Yuk cukup mudah, cepat, dan aman. Hanya saja dibutuhkan data pendukung slip gaji yang tidak semua orang pekerja mempunyai form slip gaji setiap bulannya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.