Syarat Top Up Pinjaman KUR BRI Terbaru 2022

Syarat Top Up Pinjaman KUR BRI  – Tahun 2022 menjadi tahun untuk harapan banyak orang untuk memajukan lagi usaha mereka yang terdampak Covid-19. Pinjaman BRI dipercaya akan selalu menjadi primadona nomor satu di masyarakat tahun in, khususnya KUR BRI.

Hal tersebut tidak semata-mata karena cabang BRI yang merakyat namun kerena memang bunga KUR BRI terkenal super duper ringan. Tahun ini, pemerintah akan meningkatkan kuota kredit KUR sebesar 93 Triliun rupiah yang pada 2021 sebesar 285 Triliun menjadi 378 Triliun.

Menariknya, pemerintah Indonesia juga memberikan subsidi bunga selama 6 bulan awal sebesar 3%. Tentunya ini menjadi angin segar untuk para pelaku usaha yang ingin mengajukan kur atau untuk top up pinjaman kur BRI nya.

Ya, untuk anda yang sudah pernah atau sedang memiliki pinjaman di KUR BRI, anda bisa melakukan top up pinjaman ke plafon yang lebih besar. Lalu apa saja sih syarat top up pinjaman kur BRI agar bisa diterima dan diproses? Penjelasan tersebut akan admin jabarkan dibawah ini.

Syarat Top Up Pinjaman KUR BRI

Syarat Top UP Pinjaman KUR BRI

Top Up berarti menambah, artinya menambah pinjaman yang sudah ada ya teman bukan pengajuan awal. Yup, Bank BRI memberikan kebebasan para krediturnya untuk melakukan top up pinjaman.

Baca Juga : Syarat KUR BRI Untuk Petani

Namun tentu saja yang memenuhi syarat yang bisa di terima pengajuan top up nya. Kreditur yang akan melakukan top up pinjaman harus memenuhi kriteria sebagai berikut

– Riwayat Pembayaran Yang Baik

Jangan berharap anda bisa mengajukan top up kur BRI jika riwayat pembayaran anda buruk. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah anda memiliki riwayat kredit yang bagus, tidak pernah telat dalam melakukan pembayaran angsuran.

Jika anda memiliih opsi bayar angsuran secara autodebet, maka pastikan ada saldo yang cukup di rekening anda sebelum jatuh tempo pembayaran cicilan KUR BRI anda ya.

– Pinjaman Sudah Berjalan 6 Bulan

Jika masa pinjaman anda belum genap 6 bulan, maka anda tidak bisa melakukan top up KUR BRI. Maka pastikan masa pinjaman anda sudah berjalan minimal 6 bulan ya teman atau sudah membayar angsuran minimal sebanyak 6x angsuran.

– Tidak Memiliki Pinjaman KUR di Bank Lain

Program KUR memang bukan hanya di bank BRI saja, namun ada bank lain yang memiliki program yang sama seperti Bank Mandiri, BNI, Bank BJB, Bank Jateng dll.

Nah, ketika anda sudah memiliki pinjaman KUR di BRI, maka anda tidak boleh mengajukan KUR di bank lain agar bisa melakukan top up pinjaman atau

– Usaha Tidak Gulung Tikar

Syarat top up pinjaman KUR BRI yang terakhir adalah usaha anda tidak bangkrut. Seperti yang kita tahu, kalau pinjaman KUR ditujukan untuk orang yang memiliki usaha baik usaha kecil, menengah atau besar. Uang dari hasil pinjaman tersebut diharapkan bisa memajukan usaha yang sedang berjalan.

Nah, ketika usaha anda tutup atau mengalami kebangkrutan tentu saja itu sudah tidak memenuhi syarat kur lagi karena KUR mewajibkan untuk memiliki usaha.

Begitupun dengan top up pinjaman, pastikan usaha anda berjalan tidak tutup agar top up kur BRI anda bisa di proses lebih lanjut.

Selain syarat-syarat diatas, ada juga syarat top up pinjaman KUR BRI yang berbentuk dokumen yang harus anda persiapkan lagi.
Sama seperti pada pengajuan awal, anda harus menyiapkan berkas seperti berikut

  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy KK
  • Surat Keterangan usaha / SIUP
  • Fotocopy rekening koran BRI
  • NPWP jika pinjaman diatas 50 Juta
  • Agunan untuk jenis KUR tertentu

Cara Top UP Pinjaman KUR BRI

Untuk melakukan top up KUR BRI, anda bisa mengikuti petunjuk yang akan admin sampaikan dibawah ini. Namun sebelumnya, anda sudah menyiapkan syarat top up pinjaman kur BRI yang disebutkan diatas ya teman.

Agar proses pengajuannya bisa cepat dan anda tidak bolak-balik untuk mengumpulkan syarat-syaratnya

  • Kunjungi bank BRI dimana anda memiliki pinjaman
  • Ambil antrian di CS
  • Utarakan maksud tujuan anda ke CS
  • CS BRI akan memvalidasi data pinjaman anda
  • Apabila memenuhi syarat, silahkan berikan syarat dokumen yang anda siapkan
  • Isi formulir pengajuan TOP UP
  • Tunggu survey dari BRI ke tempat usaha anda
  • Tanda tangan kontrak
  • Proses pencairan

Anda juga bisa menghubungi mantri BRI yang anda kenal untuk mengurus pengajuan top up anda. Jika penajuan anda di ACC, maka anda akan dihubungi untuk datang ke kantor BRI untuk proses pencairan.

Baca Juga : Cek Angsuran Pinjaman KUR BRI

Kesimpulan

Top Up BRI memang bisa menjadi solusi yang tepat ketika anda sudah memiliki pinjaman KUR namun ingin menambah plafon kredit nya.

Tentu saja di tahun 2022 ini, semua orang mengharapkan usahanya berkembang dan maju. Dengan mengetahui syarat top up pinjaman KUR BRI diatas, diharapkan anda bisa melakukan pengajuan dengan cepat.

Jangan lupa untuk baca tabel KUR BRI terbaru di tahun 2022 untuk mengetahui besaran cicilan dan tenor pinjaman nya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.