Routing Number BCA Terbaru 2022 (Penjelasan dan Fungsi)

Routing Number BCA  – Di era global seperti sekarang ini, sudah banyak orang yang bertransaksi perbankan baik transaksi lokal ataupun internasional. Sudah banyak pengusaha atau pebisnis muda di Indonesia yang sering transfer atau terima uang dari luar negri.

BCA, sebagai salah satu bank yang sangat cocok untuk keperluan transaksi lokal maupun luar memang sangat diminati untuk digunakan oleh para pebisnis muda. Layanan yang lengkap dan penggunaan yang mudah menjadi alasan kenapa banyak orang memilih BCA sebagai bank untuk bertransaksi ke luar negri.

Dengan memiliki rekening atau tabungan BCA, anda dapat melakukan transfer ke bank yang ada di luar negri dan bisa pula menerima uang dari bank luar negri. Namun, agar proses transfer dari luar negri dibutuhkan kode khusus yang biasa disebut routing number BCA.

Pengertian Routing Number BCA

Routing Number sendiri merupakan istilah yang dipakai oleh bank-bank di luar negri khususnya di negara-negera Eropa untuk keperluan transfer internasional. Biasanya, routing number berisi 9 digit nomor atau angka yang berisi kode negara, kode bank dan nomor rekening tujuan. Routing Number juga dikenal dengan sebutan IBAN atau International Bank Account Number.

Lalau bagaimana dengan routing number BCA? Apakah ada? Jawabanya adalah tidak ada, seperti yang sudah dijelaskan diatas routing number memang hanya digunakan oleh bank-bank Eropa saja. Sedangkan bank lokal yang ada di Indonesia, biasanya memakai kode Swift untuk keperluan transfer atau transaksi international. Jadi, ketika anda membutuhkan routing number bank BCA, anda bisa menggantinya dengan kode swift bank BCA.

Contoh Routing Number

Kode Swift Bank BCA

Mau menerima transfer dari luar negri akan tetapi si pengirim meminta routing number? Anda tidak usah bingung teman. Untuk keperluan transaksi internasional, baik akan transfer maupun menerima transfer, anda bisa mengganti routing number dengan kode swift.

Fungsi dari kode swift sendiri sama dengan fungsi Routing Number yang ada di Bank luar negeri yakni untuk mengindentifikasi cabang bank agar mempermudah proses transfer internasional.

Kode Swift biasanya terdiri dari 8 – 11 huruf, begitupun dengan kode swift Bank BCA terdiri dari 8 huruf saja. Kode Swift BCA adalah CENAIDJA dengan alamat PT Bank Central Asia Tbk, (Menara BCA, Grand Indonesia, Jl. M.H Thamrin No. 1, Jakarta 10310)

Baca Juga : Kode Bank BCA Untuk Paypal

Cara Penggunaan Kode Swift Bank BCA

Ketika anda akan melakukan transfer atau menerima transfer dari bank luar negri, si pengirim akan meminta kode swift untuk keperluan transfer. Nah, silahkan anda berikan kode swift yang sudah dijelaskan diatas ditambah dengan nomor rekening anda, formatnya seperti ini CENAIDJA + No Rekening Tujuan.

Kesimpulan

Sedikit penjelasan mengenai routing number BCA diatas akan memberikan anda gambaran kalau ternyata routing number bank BCA itu tidak ada. Untuk keperluan transfer ke atau dari luar negri, anda bisa mengganti routing number dengan kode swift yang terdiri dari 8 huruf seperti yang sudah disebutkan diatas.

Baca Juga : Kode Cabang BCA Pusat

Semoga, informasi ini bisa menambah wawasan anda dan untuk anda yang sedang ada transaksi perbankan internasional, selalu dilancarkan proses transaksinya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.