Saldo Minimal BRI Setelah Penarikan dan Transfer 2022

Saldo Minimal BRI Setelah Penarikan dan Transfer – Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kalau uang di ATM itu tidak bisa diambil semuanya. Ya, hal tersebut di karenakan kebijakan bank yang mengharuskan adanya saldo mengendap yang harus ada di rekening. Lalu berapa sih saldo rekening yang tidak bisa diambil di ATM?

Tentunya setiap bank berbeda-beda, Bank Mandiri misal memiliki ketentuan saldo mengendap di bank Mandiri sebesar 100.000 rupiah. Lalu bagaimana dengan bank BRI? Pada umumnya bank BRI mengharuskan adanya saldo mengendap di rekening minimal sebesar 50.000 rupiah. Tentu tergantung dari jenis tabungan yang anda miliki.

Kita sudah tahu kalau BRI memiliki produk tabungan yang banyak sekali. Ada tabungan BRItama, simpedes, Britama X, BRI Junio, dll. Semua jenis tabungan memiliki aturan terakit saldo minimal atau saldo mengendap yang berbeda-beda.

Ketentuan minimal saldo mengendap sebenarnya untuk kebaikan para nasabah bank juga. Karena nantinya, ketika nasabah sudah tidak menggunakan rekening nya lagi atau rekening nya sudah tidak aktif, pihak bank akan menggunakan saldo tersebut untuk membayar biaya administrasi dan untuk membayar biaya penutupan rekening. Jadi nasabah tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk pembayaran penutupan rekening.

Saldo Minimal BRI Setelah Penarikan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, anda harus menyisakan uang sesuai dengan ketentuan dari BRI setelah melakukan penarikan tunai. Nah, jenis tabungan BRI yang paling banyak digunakan adalah Britama dan simpedes. Kedua tabungan tersebut memiliki ketentuan saldo minimal 50.000 rupiah. Jadi, ketika anda melakukan tarik tunai, anda harus menyisihkan saldo minimal BRI setelah penarikan sebesar 50.000 rupiah di ATM anda.

Lalu bagaimana dengan jenis tabungan lainnya? Untuk saldo minimal dari tabungan BRI selain simpedes dan Britama, anda bisa melihatnya dibawah ini.

  • Saldo Minimal Britama X : 20.000
  • Saldo Minimal BRI Junio : 50.000
  • Saldo Minimal Tabungan Haji : 50.000
  • Saldo Minimal TabunganKU : 20.000
  • Saldo Minimal BRItama Valas : $10

Sebagai simulasi, ketika anda memiliki uang 1 juta rupiah di ATM, maka anda tidak bisa menarik semua uang tersebut. Ketika tabungan BRI anda berjenis Britama, maka anda hanya bisa mengambil uang 950.000 saja, dan sisanya sebesar 50.000 tidak bisa diambil.

Akan ada keterangan transaksi gagal di ATM apabila anda masih memaksa untuk mengambil atau mentransfer saldo mengendap yang ada.

Saldo Minimal BRI Setelah Penarikan

Saldo Minimal BRI Setelah Transfer

Aoakah beda ketentuan saldo minimal BRI setelah penarikan dan transfer? Jawabannya adalah sama. Jadi ketentuan saldo mengendap setelah transfer sama dengan setelah penarikan, yaitu sesuai dengan yang sudah disebutkan diatas.

Sebagai contoh, jika anda memiliki tabungan BRI jenis Britama X yang bersaldo 100.000 rupiah. Maka anda hanya bisa mentranfer yang maksimal 80.000 rupiah. Dan harus menyisakan saldo di ATM sesuai dengan jenis tabungan anda yaitu sebesar 20.000 rupiah, sudah jelas bukan?

Fungsi Saldo Mengendap di Bank BRI

Sebenarnya, OJK tidak memberi aturan khusus terkait adanya saldo minimal atau saldo mengendap yang ada di Bank. Namun, setiap bank memiliki keistemewaan sendiri untuk menentukan nominal dari saldo mengendap yang ada di rekening. Nah, lalu sebenarnya saldo yang mengendap itu difungsikan buat apa sih? Berikut beberapa kegunaan atau fungsi dari saldo mengendap

  • Untuk biaya penutupan rekening
  • Untuk menutupi biaya overhead bank
  • Untuk menutupi biaya penyusutan aset bank
  • Untuk biaya cetak buku tabungan
  • Untuk biaya administrasi ketika rekening dalam keadaan pasif

Kesimpulan

Bank BRI memiliki banyak sekali produk tabungan, namun yang paling umum dan banyak digunakan adalah BRItama dan Simpedes.Kedua jenis tabungan tersebut memiliki ketentuan saldo minimal BRI setelah penarikan adalah sebesar 50.000 rupiah, dan begitupun setelah transfer harus ada saldo minimal di rekening sebesar 50 ribu. Uang tersebut tidak bisa diambil dan tidak bisa digunakan untuk belanja melalui debit ataupun untuk melalukan pembelian pulsa, tidak bisa.

Baca Juga : Apakah Bisa Mengambil Uang 50.000 di ATM BRI?

Jadi, sekarang sudah tahu bukan? Kalau ternyata BRI memiliki aturan saldo minimal dan sudah tahu juga kalau saldo mengendap itu ternyata memiliki fungsi yang menguntungkan kedua belah pihak antara nasabah dan pihak bank.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.