Ada Pinjaman Online Lewat WA? Awas Modus Penipuan

Pinjaman Online Lewat WA? Awas Modus Penipuan – Baru-baru ini, banyak masyarakat merasa diresahkan dengan ada nya tawaran pinjaman online lewat WA ataupun sms. Sebagian orang kadang merasa bingung kenapa ada aplikasi pinjaman online yang tahu nomor WA mereka sedangkan mereka merasa tidak pernah memberikannya.

Untuk sekedar informasi, banyak oknum yang memanfaatkan WA blast untuk menawarkan pinjol lewat WA. Mereka mengirimkan pesan kepada nomor-nomor acak dengan penawaran pinjaman yang menarik disertai dengan link untuk pengajuan.

Namun, admin sarankan, jika anda menerima pesan WA tersebut, harap diabaikan saja ya teman. Sebagai informasi untuk teman semuannya, OJK telah melarang para pelaku usaha fintek untuk menawarkan pinjaman melalui WA, SMS atau Layanan Pesan lainnya tanpa seizin penggunanya ya teman.

Jadi, kalau ada tawaran pinjaman melalui saluran pesan di ponsel anda, bisa dipastikan aplikasi tersebut merupakan pinjaman online yang tidak resmi.

Tips Terhindar Dari Penipuan Pinjaman Online Lewat WA

Tahukah anda, sudah banyak orang yang menjadi korban penipuan karena tergiur dengan tawaran pinjaman melalui Whatsapp. Mereka yang tertipu biasanya tidak mengecek ke valid an dari aplikasi pinjol tersebut, mereka terlalu senang ketika ada tawaran pinjaman dengan persyaratan yang mudah.

Namun pada akhirnya, mereka ditipu dengan tidak cair nya pinjaman yang mereka ajukan padahal sudah membayar uang administrasi. Nah, disini admin akan memberikan beberapa tips bagi teman-teman semuanya agar terhindar dari modus penipuan tawaran pinjaman online lewat whatsapp.

Pinjaman Online Lewat WA

– Jangan Pernah Mau untuk Transfer Uang Terlebih Dahulu

ketika anda mendapatkan penawaran pinjaman lewat WA, alangkah baiknya mensikapinya dengan santai atau biasa saja. Anda bisa mengabaikannya atau ketika ingin mencoba menyelidikinya, silahkan balas chat nya saja.
Tanyakan pinjaman dari aplikasi mana, syarat nya apa saja dan bunga nya berapa.

Baca Juga : Cara Menghapus Data Dari Pinjaman Online

Apabila aplikasi pinjaman tersebut meminta anda untuk mengirimkan uang administrasi terlebih dahulu agar pinjaman nya bisa cair, mohon jangan percaya begitu saja. Sudah dapat dipastikan itu modus penipuan, silahkan blok saja nomor nya

– Instal Aplikasi True Caller

Dengan memiliki aplikasi true caller di ponsel, anda akan mengetahui ketika ada nomor asing yang menelpon tau mengirim pesan kepada anda. Nomor asing tersebut memiliki nama penipuan atau lainnya ketika sebelumnya ada laporan mengenai nomor tersebut.

Hal ini tentu saja akan membuat anda terhindar dari modus penipuan ketika ada nomor yang tidak di kenal menghubungi anda.

– Cek Legalitas Aplikasi Pinjol nya

Dapat tawaran pinjaman online lewat WA dan tidak tahu harus bagaimana? Yup, anda bisa mengecek legalitas dari aplikasi yang menawarkan pinjaman tersebut. Apakah fintek tersebut sudah terdaftar di OJK atau belum, pastikan anda mencari informasi nya secara lengkap di Internet.

– Jangan Menaruh Nomor WA ke group yang tidak jelas

Salah satu alasan kenapa anda mendapatkan tawaran pinjol melalui WA adalah karena ada oknum yang mengetahui nomor WA anda yang secara sadar atau tidak sadar anda pernah membagikan ke group atau website pinjaman online. Jadi, pastikan anda memberikan no WA kepada teman-teman yang sudah anda kenal saja.

– Jangan memberikan informasi pribadi

Jangan pernah memberikan informasi pribadi yang bersifat rahasia seperti NIK, Nomor Kartu Kredit,Pin ATM, Kode OTP, Password Mbanking kepada orang lain.

Baca Juga : Pinjam Yuk, Review Pinjaman Online Terdaftar OJK

Sama hal nya ketika ada tawaran pinjaman online yang belum jelas dan meminta anda untuk memberikan informasi diatas kepada mereka, anda harus hati-hati dan waspada ya teman

Kesimpulan

Dengan maraknya tawaran pinjaman online lewat WA tentunya membuat masyarakat rawan terkena penipuan online. Dengan edukasi dan pengetahuan tentang tips agar terhindar dari penipuan tawaran pinjol lewat whatsapp diatas semoga membuat anda semakin mawas diri dan tidak pernah menjadi korban penipuan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.