Ciri-Ciri Penipuan Akulaku

gambar KTA Akulaku

Jika kamu melakukan pinjaman online sebaiknya kamu harus terlebih dahulu mengecek apakah aplikasi tersebut penipuan atau tidak, sebaiknya kamu lebih berhati-hati lagi dalam memilihnya. Ciri-ciri penipuan Akulaku dapat diketahui dengan memperhatikan ketentuan pinjaman online resmi.

Aplikasi akulaku melayani limit kredit bernilai jutaan rupiah bagi kamu yang ingin meminjamnya, ya nantinya dapat kamu gunakan untuk membeli barang.Tetapi di balik segala manfaat dan fitur yang disediakan, ada juga potensi penipuan dengan mengatasnamakan akulaku. Karena itu kamu harus tetap berhati-hati dalam melakukan pinjaman online.

Ciri-Ciri Penipuan di Akulaku

Pada kasus penipuan, ada beberapa ciri-ciri dari modus penipuan yang biasanya terjadi, yaitu bisa dalam bentuk SMS, link pishing, dan lain sebagainya. Di saat kamu menjadi korban demi Tuhan pinjaman online akulaku, kredit yang kamu miliki dapat disalahgunakan oleh pelaku penipuan.

Pelaku ini dapat melakukan transaksi memakai kridit akulaku milik kamu untuk kepentingan diri pribadi. Supaya kamu dapat terhindar dari tindakan penipuan. Di bawah ini adalah ciri-ciri penipuan di aplikasi akulaku yang harus kamu ketahui:

1. Proses dalam Memberikan Pinjaman Sangat Mudah

Pertama yang harus kamu ketahui adalah dalam memproses sebuah pinjaman prosesnya sangat mudah. Karena dengan kamu mengunduh aplikasi saja, pinjaman kamu bisa langsung disetujui. Tidak seperti pinjaman online resmi lainnya di sini tidak ada yang namanya proses verifikasi dan pengecekan data nasabah.

Sangat berbeda dengan proses pengajuan di Akulaku yang sudah legal. Karena, Akulaku yang legal, permohonannya akan diproses dengan berbagai pengecekan prosesnya sendiri tidak mudah loh.

2. Menawarkan Pinjaman Dengan Bunga 0%

Ciri-ciri selanjutnya yaitu munculnya pesan dalam bentuk SMS, email, atau direct messenger sosial akan menawarkan produk pinjaman dari Akulaku tanpa adanya bunga. Karena pihak aku laku sendiri tidak akan pernah mengalahkan pinjaman kepada pengguna Akulaku.

Platform iniĀ  juga hanya mempunyai dua produk pinjaman yang masing-masing menerapkan suku bunga, biaya penanganan, dan lain sebagainya.

3. Tidak meminta Izin Akses ke Seluruh data Pribadi di HP

Selanjutnya adalah penipuan yang teratas nama akulaku juga akan meminta akses seluruh data pribadi di ponsel calon nasabah. Lalu seluruh data yang berada di HP pengguna akan diambil termasuk juga data phonebook dan juga data sensitif lainnya. Hal seperti itu juga aku dapat dilakukan tanpa meminta izin pemilik HP terlebih dahulu.

Dari hal tersebut juga dapat mengakibatkan terjadinya teror terhadap semua yang ada di dalam phonebook ketika melakukan penagihan. Sedangkan hanya mengambil beberapa data itu pun akulaku resmi memintanya dengan persetujuan pengguna.

4. Informasi Bunga Serta Biaya Pinjaman Tidak Transparan

Ciri-ciri yang keempat adalah penipuan dengan cara mencantumkan nama akulaku adalah ketika tidak disampaikan secara transparan bunga dengan denda dari pinjaman yang akan diperoleh. Masalahnya, pengguna akan dibebankan dengan biaya yang lebih tinggi dan sesuai dengan kemampuan sang penipu.

5. Tidak Adanya Layanan Costumer Service VS Pengadu

Ciri-ciri selanjutnya yaitu tidak ada layanan customer service vs pengadu. Akulaku yang palsu nantinya tidak akan bisa komplain ke call center atau CS sekitarnya jika ada masalah.

Nasabah juga tidak akan dapat menemukan nomor telepon, email, dan juga kontak wa ke layanan pelanggan. Hal tersebut tidak sama yang tersedia di semua pinjaman online resmi. Berbeda dengan akulaku yang resmi akulaku mempunyai kontak CS call center sehingga konsumen dapat menghubungi langsung pihak akulaku dengan mudah.

6. Link Phising Berisi Penawaran Promo/Hadiah Menarik

Ciri-ciri yang dapat kamu ketahui selanjutnya adalah menawarkan hadiah menarik. Biasanya terdapat pada link Phising yang akan melakukan sebuah misi untuk pengguna dengan imbalan berupa uang tunai atau barang gratis dari Akulaku.

Meski begitu yang perlu kamu ketahui adalah setiap promo berhadiah dari akulaku resmi hanya bisa kamu temukan pada aplikasi Akulaku. Jika penawaran-penawaran berasal dari link tidak jelas maka sudah dipastikan ya bahwa itu adalah penipuan.

7. Menawarkan Produk dengan Harga Murah

Menawarkan produk dengan harga murah bisa saja itu termasuk dalam ciri-ciri penipuan. Penipuan ini menawarkan produk murah atau dengan harga yang tidak masuk akal bahkan bisa senilai Rp.0 atau gratis.

Kamu yang mungkin menerima sms yang berisikan penawaran suatu produk di akulaku dengan harga jauh sekali di bawah pasaran. Harus berhati-hati.

8. Toko dengan Informasi yang Tidak Jelas

Ciri-ciri terakhir yaitu, penipuan Akulaku juga bisa dilacak dengan daftar tokoh yang berjualan dalam Akulaku resmi. Pada saat kamu mencari barang di aplikasi, itu akan muncul berbagi banyak tokoh yang menyediakan beragam barang incaran.

Tetapi sebaiknya terlebih dahulu sebelum kamu tersebut. Toko itu ternyata tidak menyediakan barang dan tidak mau merespons chat kamu maka besar kemungkinan toko itu tidak nyata.

Jika kemungkinan kamu memesan barang di toko itu maka postingan kamu tidak akan bisa sampai tujuan. Karena beberapa tokoh penipu yang perlu diketahui oleh kamu adalah INHOPE STORE, RUCHIL STORE, CHSOKP, Dan lain sebagainya.

9. Proses Penagihan Tidak Mempunyai Etika

Selanjutnya yaitu penagihan yang dilakukan oleh debt kolektor tidak mempunyai etika sama sekali. Penagih akan berlaku kasar kepada nasabah dan tidak mengikuti pedoman etika penagihan dari OJK.

Cara Mengatasi Penipuan yang Mengatasnamakan Akulaku

Ada beberapa cara yang harus kamu ketahui untuk mengatasi penipuan dalam aplikasi akulaku. Berikut adalah cara-cara mengatasinya:

1. Jangan Pernah Kamu Merespon Penawaran Pinjaman.

Untuk mengatasi penipuan yang pertama adalah kamu jangan pernah coba-coba merespon penawaran pinjaman dengan bunga 0%, yang mengatasnamakan pihak Akulaku. Karena pihak aku laku sendiri tidak akan pernah melakukan itu semua sebabnya produk pinjaman hanya tersedia di aplikasi resmi Akulaku saja.

2. Mengganti Nomor HP di Akun Akulaku

Yang kedua adalah jika kamu berulang kali mendapatkan pesan SMS yang berisikan penawaran produk

Meminjam uang di aplikasi pinjaman online memang perlu berhati-hati, salah satunya kamu harus mengetahui ciri-ciri penipuan Akulaku. Pahami perbedaannya dengan ciri-ciri aplikasi pinjaman online resmi.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.