Cara Mematikan Mesin EDC BNI 2022, Restart dan Settlement

Cara Mematikan Mesin EDC BNI  – Penggunaan mesin EDC semakin hari semakin banyak digunakan oleh banyak orang. Kemudahan dan kepraktisan menjadi 2 hal penting kenapa sekarang ini banyak orang memilih bertransaksi menggunakan mesin EDC.

Orang-orang sudah mulai berpikir kalau membawa uang cash itu ribet dan kurang aman. Maka dari itu, mereka lebih memilih untuk membawa kartu debit ketikan akan melakukan transaksi ataupun melakukan pembelian barang.

Mesin EDC BNI merupakan salah satu mesin edc yang cukup banyak digunakan oleh minimarket ataupun toko-toko selain mesin EDC BCA dan mesin EDC Mandiri. Hal tersebut dikarenakan, nasabah BNI yang cukup banyak di Indonesia. Namun, banyak pemilik toko yang belum terlalu paham untuk mengoperasikan mesin EDC dari bank BNI ini.

Nah, pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan beberapa panduan untuk mengoperasikan EDC BNI seperti cara mematikan mesin EDC BNI, cara melakukan settlement dan cara restart nya.

Cara Mematikan Mesin EDC BNI

Untuk sebagai informasi, BNI menyediakan mesin EDC dengan 2 merek, yaitu verifone dan Ingenico. Kedua merek tersebut yang paling banyak digunakan saat ini di Indonesia. Meskipun fungsinya hampir sama, namun kedua merek tersebut memiliki tampilan dan tombol yang berbeda-beda.

Namun jangan khawatir, karena admin akan memberikan panduan tentang mematikan edc BNI untuk kedua merek tersebut.

Untuk mematikan edc BNI dengan merek Verifone sangat mudah, anda hanya perlu menekan tombol warna merah dan menahannya kurang lebih selama 5 detik. Maka mesin edc akan mati secara otomatis.

Sedangkan cara mematikan mesin EDC BNI dengan merek Vefifone, anda hanya perlu menekan tombol warna kuning dibarengi dengan menakan tombol ( . ) titik. Kemudian tahan selama kurang lebih 5 detik, maka mesin edc BNI akan mati.

Mesin EDC BNI

Cara Restart Mesin EDC BNI

Seperti yang kita tahu, biasanya mesin EDC terkadang mengalami gangguan atau eror. Nah, ketika mesin edc mengalami eror, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan cara merestart nya, untuk panduannya silahkan simak dibawah ini ya teman-teman.

  • Pertama-tama silahkan cabut charger mesin EDC BNI anda
  • Langkah kedua adalah dengan mematikan mesin dengan menggunakan cara yang disebutkan diatas
  • Lalu hidupkan kembali dengan menekan tombol hijau
  • Setelah mesin EDC hidup, silahkan tekan ( . )
  • Ketika sudah muncul tombol function, segera tekan angka 99 dan tekan enter
  • Masukan password 111111 lalu tekan enter
  • Clear reversal dan clear batch
  • Proses restart mesin EDC BNI telah selesai dan berhasil

Cara Settlement Mesin EDC BNI

Hayo disini siapa yang belum bisa melakukan settlement pada mesin EDC BNI?  Proses settlement adalah salah satu tahapan penting yang harus dilakukan oleh merchant atau pemilik toko agar hasil transaksi bisa masuk kedalam rekening merchant. Untuk langkah-langkahnya, cukup mudah ko, silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

  • Langkah pertama adalah tekan tombol F2 dan tekan Enter
  • Selanjutnya masukan password berupa 4 digit angka yaity 0000
  • Setelah muncul menu All host, silahkan tekan enter
  • Rincian transaksi pada hari itu akan muncul
  • Lalu tekan enter dan tunggu sampai selesai
  • Akan muncul notifikasi settlement closed kalau proses settlement sudah selesai

Kesimpulan

Mengoperasikan mesin EDC BNI merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh para merchant atau pemilik toko. Dengan mengetahui dan membaca panduan seperti cara mematikan mesin edc BNI, cara restart dan cara settlement, diharapkan para pemilik toko yang menggunakan mesin edc BNI bisa dengan mudah dalam mengoperasikannya.

Baca Juga : Kode Function Mesin EDC BCA

Dan bisa mengatasi masalah apabila ada gangguan atau error pada mesin EDC BNI, semoga informasinya bermanfaat dan usaha anda makin maju ya teman-teman, terimakasih.

Leave a Comment