Aplikasi Pencatat Keuangan

Menggunakan aplikasi pencatat keuangan menjadi salah satu trik jitu untuk mengatur perekonomian. Baik ekonomi rumah tangga, ekonomi dalam dunia bisnis, dan perekonomian dalam suatu lembaga.

Di era yang serba digital, kamu dapat menggunakan aplikasi pengatur keuangan sehingga perekonomianmu menjadi lebih stabil.

Manfaat Aplikasi Pencatat Keuangan Bagi Finansial Milenial - Ajaib

Berikut ini beberapa aplikasi pencatat keuangan yang recomended kamu install di Play Store.

1. Finansialku

Pertama, kamu disarankan untuk menginstall aplikasi pencatat keuangan Finansialku. Platform ini mempunyai fitur yang lengkap, tidak hanya membantu mencatat keuangan.

Beberapa, fitur canggih yang lainnya yaitu tersedia fitur tanya jawab, edukasi keuangan, rencana keuangan, event, asset, rekeningKu, transaksi berulang, dan laporan keuangan.

Dengan menggunakan aplikasi Finansialku maka akan membantu keuangan kamu menjadi lebih baik, semua dananya dapat diakomondasikan dengan baik dan tepat.

Kekurangan penggunaan aplikasi ini yaitu, kamu dapat menggunakan fitur premium dengan membayar Rp. 350.000,00/tahun.

2. Buku Warung

Berikutnya, aplikasi untuk mencatat keuangan yaitu Buku Warung. Kamu dapat menginstall aplikasi tersebut secara gratis di Play Store.

Sebenarnya, aplikasi pencatat keuangan Buku Warung diperuntukkan bagi kamu yang menjalankan usaha kecil maupun menengah.

Sederhananya, dengan menggunakan aplikasi tersebut kamu dapat melihat pencatatan pengeluaran dan pemasukan dengan jelas. Jika, ada sedikit selisih saja maka akan muncul nominalnya.

Dengan begitu maka usaha kecil maupun menengah yang dijalankan tidak akan mengalami kerugian.

Tidak hanya memberikan fitur pencatatan, para penggunanya juga dapat menggunakan fitur pencatat hutang. Data pencatat hutangnya cukup lengkap, mulai dari nama, nomor hp, alamat, dan nominal hutangnya.

3. Wallet

Wallet juga merupakan salah satu aplikasi untuk mencatat keuangan yang mudah dan simple. Platform pencatat keuangan yang satu ini menyediakan layanan gratis dan berbayar. Untuk menggunakan fitur lengkap dari aplikasi tersebut maka kamu harus menyediakan budget Rp. 28.000,00 per bulan.

Fitur canggih dalam aplikasi Wallet yaitu dapat diintegrasikan dengan aplikasi m-banking sehingga dapat mensinkronkan pengeluaran dan pemasukan di dalam rekening bank.

Tidak hanya itu, Wallet juga dapat diintegrasikan dengan spreadsheet sehingga data transaksi di dalam sheet otomatis muncul di aplikasi Wallet tanpa melakukan pencatatan secara manual.

Terdapat pula fitur pengingat rencana pembayaran yang cukup membantu pengguna untuk membayar tagihan tepat waktu.

4. Spendee

Spendee merupakan platform pencatat keuangan yang membantu kamu mengatur keuangan di masa sekarang dan masa depan.

Berbagai fitur canggihnya dapat menghubungkan dengan m-banking sehingga data transaksi dalam rekening secara otomatis sudah tersalin di Spendee.

Selain membantu mencatat keuangan, apliaksi ini juga dapat meminimalkan pengeluaran sesuai dengan budget yang kita miliki.

Bahkan, dapat membantu merencanakan anggaran keuangan di masa depan seperti dana untuk pernikahan,  liburan, dan kepentingan lainnya.

Jika, kamu sudah mengaktifkan adanya rencana anggaran keuangan maka akan muncul pengingat untuk menyimpan uang sesuai dengan kegunanaan.

Kamu dapat melihat laporan keuangan per minggu ataupun per bulan sekali.

5. Lunasbos

Lunasbos adalah aplikasi pencatat keuangan untuk hal utang dan piutang. Jadi, aplikasi ini membantu si peminjam untuk menagih hutang dan membantu mengingatkan orang yang hutang untuk membayar hutang tepat waktu.

Aplikasi ini dapat mensikronasi transaksi utang piutang sampai lunas apabila kedua belah pihak menginstal Lunasbos.

6. Mint

Mint merupakan aplikasi pencatat dan pengatur keuangan yang berperan dalam  menganggarkan dana yang dikeluarkan.

Jadi, aplikasi yang satu ini tidak hanya mencatat pengeluaran dan pemasukan. Tetapi, tersedia juga fitur untuk menganggarkan dana agar pengeluaran tidak lebih besar daripada pemasukan yang diperoleh.

Kelebihan dari aplikasi Mint yaitu tersedia banyak kategori dalam pengeluaran. Misalnya, kategori food, asuransi, tagihan, dan lain-lain.

Tentu saja, aplikasi pencatat keuangan Mint cocok digunakan oleh ibu rumah tangga, maupun anak muda yang sudah mulai mengatur keuangan sendiri.

7. Uangku

Uangku menjadi aplikasi pencatat keuangan yang paling friendly karena tampilannya sangat sederhana.

Tidak hanya dapat membantu dalam kegiatan pencatatan pengeluaran dan pemasukan. Uangku juga dapat membantu kamu untuk mentargetkan jumlah tabungan setiap bulannya. Bahkan, dapat membantu kamu untuk meminimalkan jumlah pengeluaran.

Kamu dapat melihat jumlah kas setiap hari, per minggu, bahkan setiap satu bulan sekali untuk memantau dana keuangan.

8. MoneyLover

MoneyLover merupakan aplikasi untuk mencatat keuangan pribadi dengan mudah dan terstruktur. Dengan begitu, kamu dapat melihat jumlah pengeluaran dan pemasukan setiap harinya.

Bahkan, data transaksi pengeluaran dan pemasukan disertai dengan diagram lingkaran dan grafik batang sehingga dapat terpantau penambahan atau pengurangan setiap harinya selalu stabil atau tidak.

Tidak hanya itu, aplikasi MoneyLover juga mempunyai fitur pengingat untuk membayar tagihan tepat waktu.

9. Monefy

Monefy juga menjadi aplikasi pencatat transaksi keuangan yang simple dan mudah untuk digunakan. Pada aplikasi ini, tersedia berbagai kategori pengeluaran yang cukup banyak. Menariknya, terdapat icon dari setiap kategori.

Tidak hanya menampilkan jumlah pengeluaran, tetapi juga tertera diagram sehingga akan membantu mengingatkan kamu bahwa jumlah dana yang kamu keluarkan sudah maksimal atau masih sedikit.

Jika, data transaksi pada aplikasi Monefy cukup penting maka kamu dapat menghubungkannya ke akun Google Drive atau Drivebox.

10. 1Money

1Money merupakan aplikasi pencatat keuangan yang menampilkan data pengeluaran secara lengkap dalam waktu satu bulan.

Menariknya, aplikasi ini mempunyai warna menu halaman yang cukup banyak sehingga kamu dapat mengubahnya sesuai dengan warna favoritmu.

Di halaman menu awal selalu ditampilkan jumlah pengeluaran dari kategori yang nominalnya paling besar. Hal tersebut tentu dapat dijadikan sebagai pengingat untuk meminimalkan jumlah pengeluaran.

11. MoneyPro

MoneyPro juga menjadi aplikasi untuk mencatat keuangan dengan design tampilan yang sangat profesional.  Aplikasi ini dapat mensinkronkan data transaksi dari rekening kartu debet maupun kartu kredit secara otomatis.

Tidak hanya dapat membantu mencatat jumlah pengeluaran dan pendapatan. Tetapi, juga dapat membantu untuk menganggarkan dana sesuai dengan yang dibutuhkan.

Fitur dalam aplikasi MoneyPro juga dapat mengingatkan para penggunanya untuk melakukan pembayaran secara tepat waktu.

Baca JugaCara Dapat Uang 500rb Sehari

Menggunakan aplikasi pencatat keuangan dapat membantu perekonomian pribadi, keluarga, maupun usaha menjadi lebih teratur dan stabil. Gunakan aplikasi untuk mencatat keuangan sesuai dengan skala yang kamu butuhkan.

Tidak hanya itu, kini aplikasi pencatat keuangan mempunyai fitur yang lengkap sehingga dapat membantu managemen keuangan sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.